Breaking News

CEN KONDHANG; Bantu Pemula Terbitkan Buku




Di samping untuk tujuan komersial atau mendapatkan keuntungan, terkadang pada diri seseorang juga terselip motif sosial dalam menjalankan usahanya. Setidaknya, hal itu terdapat pada diri Asrul Sani (32), pengelola Raditeens Publisher Temanggung yang juga sastrawan tersebut.
“Penerbitan buku kami berorientasi komersial sekaligus sosial. Yakni, selain sebagai sarana untuk mencari keuntungan, juga dalam upaya untuk membantu penulis-penulis pemula, terutama di Temanggung agar bisa menerbitkan buku-buka karyanya,” tutur Asrul, warga Malebo, Kecamatan Kandangan, tersebut.
Lantaran terutama ditujukan untuk penggunan jasa penulis pemula itulah, usaha penerbitan buku yang berkantor di tempat tinggalnya tersebut, juga melayani proses pengeditan atau pengoreksian dan perbaikan tata bahasa. Serta layout atau desain tata wajah pada sampul hingga setiap halaman buku.
“Biasanya ide atau gagasan dari tulisan para penulis pemula tersebut baik atau menarik, hanya kadang-kadang dalam tata bahasanya masih kaku, karena itu kami sekaligus juga melakukan pengeditan,” ujar Asrul, yang juga Sekretaris KSS3G (Kelompok Studi Sastra Tiga Gunung) Temanggung itu.
Diungkapkannya, sesuai visi misi perusahaannya, yang juga berkeinginan menggali potensi karya penulisan di Temanggung dengan memfasilitasi penerbitan buku, maka perusahaanya tidak mengenakan biaya yang tinggi untuk jasa pengeditan, desain tata wajah, serta penerbitan buku tersebut.
Usaha penerbitan yang dirintis mulai 2016 bersama dengan teman-temannya tersebut, hingga kini telah menerbitkan sekitar 70 judul buku, baik fiksi maupun nonfiksi.
Kemudian, lima judul buku sekarang masih dalam proses penyelesaian, mulai dari tahap pengeditan, rancangan tata wajah, dan nantinya penerbitan.
Asrul mengakui, kebanyakan pengguna jasanya saat ini masih datang dari berbagai daerah di luar Kabupaten Temanggung, bahkan luar Jawa. Mereka mengetahui usaha penerbitannya lewat media sosial, atau situs usaha penerbitan itu.
Lulusan Politeknik Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, asli Temanggung tersebut mengatakan, dirinya memiliki keterampilan mengedit naskah tulisan berawal dari kesenangannya kepada bidang tulis menulis sejak mahasiswa dahulu. Sejumlah artikel, cerpen, puisi dan resensi buku pernah ditulisnya dan dimuat di berbagai media massa, terutama online. (Henry Sofyan-26)


Sumber: SUARA MERDEKA

No comments

Terima kasih telah berkunjung. Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai konten.