Breaking News

Workshop Gerakan Literasi Sekolah; Menulis untuk Negeri


Asrul Sanie saat menyampaikan materi workshop


Temanggung. SMK Negeri 1 Temanggung atau yang dikenal dengan nama STM Pembangunan (Stemba) Temanggung mengadakan Workshop Gerakan Literasi Sekolah dengan tema “Menulis untuk Negeri”, Selasa (21/11/2017). Kegiatan tersebut merupakan pelaksanaan dari program pemerintah bernama Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Gerakan ini adalah upaya menyeluruh yang melibatkan semua warga sekolah (guru, peserta didik, orang tua/wali murid) dan masyarakat, sebagai bagian dari ekosistem pendidikan. GLS memperkuat gerakan penumbuhan budi pekerti sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015.

Materi workshop yang disampaikan adalah tentang menulis dan menerbitkan karya. Asrul Sanie, sebagai narasumber pada kesempatan itu, memberikan gambaran umum tentang dunia tulis-menulis, tips-tips atau strategi mendapatkan ide, dan langkah-langkah dalam menulis. Tak ketinggalan juga penjelasan tentang bagaimana cara menerbitkan karya mereka nantinya sehingga bisa dibaca dan bermanfaat bagi orang lain.

Saya sangat senang dengan adanya workshop di sekolah ini. Artinya, sekolah mulai mendukung siswa-siswinya dalam kegiatan tulis-menulis dan menghasilkan karya. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan berlanjut, disusul sekolah-sekolah lainnya,” ungkap narasumber.

Asrul Sanie menyampaikan materi dengan judul "Aku Bisa Menulis" dan memberikan motivasi kepada para peserta agar selalu optimis untuk bisa menulis. Keterampilan menulis sangat bermanfaat bagi seluruh aspek kehidupan. Ke depan, keterampilan tersebut memang tidak hanya ditujukan untuk berprofesi menjadi penulis, tapi untuk profesi yang lain juga sangat penting. Sekretaris, jurnalis, humas, guru, pengusaha, dan profesi lainnya, semua membutuhkan keterampilan menulis.

Dengan mengikuti kegiatan ini, para peserta dapat memetik ilmu yang disampaikan. Mereka mengikuti dengan sangat antusias. Terbukti ketika narasumber melontarkan perintah dan pertanyaan tentang materi, mereka bersemangat menjawab dan mengerjakan. Beberapa peserta yang berani maju untuk membacakan jawaban dan hasil karyanya di depan peserta lain mendapatkan hadiah buku bacaan dari narasumber.

Menjelang penutupan, Asrul Sanie mengulang penjelasannya, berharap semoga kegiatan tersebut menjadi pemacu sekolah lain untuk melaksanakan kegiatan yang serupa sebagai wujud pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah yang dicanangkan pemerintah. Dan semoga apa yang telah peserta mulai tadi bisa berlanjut menjadi karya yang utuh dan layak sehingga karya mereka bisa dimuat di media massa atau diterbitkan dalam bentuk buku. *

No comments

Terima kasih telah berkunjung. Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai konten.