Breaking News

LOKAKARYA SEHARI untuk GURU: Menuliskan Pengalaman (Best Practices) Langsung Jadi Buku Ber-ISBN


Galeri foto kegiatan LOKAKARYA SEHARI untuk GURU:
Menuliskan Pengalaman (Best Practices) Langsung Jadi Buku Ber-ISBN bisa dilihat di sini


SESI PERKENALAN dan PEMBUKAAN


Lokakarya diawali dengan saling sapa antar peserta. Sebagian peserta sudah saling mengenal, karena sudah sering bertegur sapa lewat jejaring sosial Facebook, lebih di forum Grup Guru Menulis. Sebagian lagi belum saling mengenal, karena belum menjadi anggota komunitas tersebut. Maka untuk mencairkan suasana moderator sekaligus MC (Bapak Wakidi Kirjo Karsinadi dan Ibu Yulia Loekito) mengajak peserta untuk bermain “BERHITUNG.” Selain untuk saling mencairkan suasana, permainan ini juga bertujuan agar antar peserta berkesempatan saling mengenal. Permainan berlangsung seru. Semua peserta terlibat aktif. Suasana pun jadi cair 

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemanasan menulis. Pak Wakidi menampilkan sebuah gambar di layar. Gambar kapur yang patah. Peserta diminta untuk menulis apa saja yang terbersit di pikiran mereka tentang gambar tersebut. Satu paragraf. Kemudian, ada 3 peserta yang berkenan membacakan tulisannya tentang gambar tersebut. Menarik, dari ketiga peserta yang membacakan narasinya tentang kapur patah tersebut, tak ada satupun narasi yang bernada sama. Satu peserta berbicara mengenai kapur sebagai kehidupan, jiwa panggilan sebagai guru. Peserta lain menceritakan pengalamannya mengajar dengan kapur tersebut. 

Untuk memperkenalkan peserta pada kisah-kisah guru yang sudah terbit maka setelah sesi pemanasan menulis, dibacakan salah satu kisah dari buku Kapur Papan: Kisah Guru-guru Pembelajar 4 yang berjudul Ibuku juga Ibu Anakku, karya Elvira Rosa, S.Pd. Kisah dibacakan dengan apik oleh Bapak Chairil Anwar. 



SESI SHARING PROSES KREATIF 

Sesi ini adalah sesi berbagi proses kreatif oleh sepuluh penulis buku Kapur Papan: Kisah Guru-guru Pembelajar 1-4, hasil kontes menulis guru bertema GURU YANG SELALU BELAJAR, yang diselenggarakan oleh Komunitas Guru Menulis dan didukung oleh Penerbit Lingkarantarnusa. 

Pemateri adalah sepuluh penulis yang dipilih oleh panita. Kesepuluh pemateri tersebut adalah

1. Ibu Eka Nur Apiyah dari Brebes
2. Ibu Udayati dari Denpasar
3. Ibu Ria Santati dari Solo
4. Bapak Fx Suparta
5. Bapak Chairil Anwar dari Yogyakarta
6. Bapak Asrul Sanie dari Temanggung
7. Bapak Dwitya Sobat Adidarma dari Yogyakarta
8. Ibu Noorvytawati dari Boyolali
9. Ibu Fiqih Nindya Palupi
10. Ibu Yeti Islamawati

No comments

Terima kasih telah berkunjung. Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai konten.